Ini Tiga Nama Rekomendasi Tokoh Jabar Dampingi Ridwan Kamil di Pilgub 2018

MONITOR, Bandung.- Walikota Bandung yang juga calon gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, telah mengantongi tiga nama bakal calon wakilnya yang akan maju di kontestasi pilkada 2018 nanti.

Sepuluh tokoh Jawa Barat, yang diminta pandangannya, sudah memberikan hasil telaahannya.  Tiga nama "direkomendasikan" sudah disodorkan ke Ridwan, yakni Maman Imanulhaq, Saan Mustopa, dan Uu Rhuzanul Ulum.       

Menurut Tjetje Hidayat Padmadinata, Salah satu tokoh yang mengikuti pertemuan itu, saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa 10 tokoh itu telah bertemu dan menelaah enam nama bakal calon pendamping Ridwan Kamil.      

"Ya, kami sudah bertemu. Hasilnya, Maman peringkat pertama, Saan kedua, dan ketiga Uu," kata Tjetje di Bandung, Minggu, (17/12).                   

Tjetje menyebutkan, rekomendasi yang diberikan lebih kepada personal value, performa individu, bukan hanya karena latar belakang partai politik pengusungnya.

"Kami tidak menilai hal-hal yang bersifat politik praktis atau kekuatan politik dari nama-nama itu," ungkapnya.     

Tjetje juga menegaskan, hasil telaahan dan rekomendisi yang diberikan para tokoh Jabar kepada Ridwan Kamil itu sama sekali tidak mengikat.

"Semacam jawaban dari orang tua kepada anak yang bertanya. Jadi, siapa nanti yang akan dipilih sebagai bakal calon wagub yang mendampingi Ridwan Kamil, ya sepenuhnya terserah Ridwan Kamil," ujarnya.    

Ridwan Kamil sebelumnya mengatakan pada media akan mengumumkan nama pendampingnya untuk berlaga pada Pilgub Jabar 2018. Penentuan nama bakal cawagub pendampingnya itu antara lain berdasarkan masukan rekomendasi dari para tokoh Jawa Barat.