Ingin Pemimpin Amanah, Raja Gowa Dukung Prof Andalan di Pilgub Sulsel

MONITOR, Makassar – Raja Gowa Andi Maddusila Daeng Manyori  menyatakan keluarga Kerajaan Gowa mendukung  pasangan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) untuk berlaga di Pilkada Sulawesi Selatan 2018. Keluarga Kerajaan Gowa menganggap perlu muncul pemimpin baru yang andal dan amanah untuk memimpin rakyat Sulsel. 

“Saya doakan Andi Sudirman Sulaiman yang masih kerabat Kerajaan Gowa bisa menang di Pilakda Sulses 2018. Kami menginginkan pemimpin baru yang mumpuni, bersih, amanah, dan bisa jadi andalan bagi seluruh rakyat Gowa dan seluruh rakyat Sulawesi Selatan,” kata Raja Gowa Andi Maddusila saat menerima calon wagub Andi Sudirman Sulaiman di kediamannya, Makassar, Minggu (18/2/2018). 

Sebagai bukti dukungan, Raja Gowa Andi Maddusila menyerahkan dan menunjukkan silsilah bahwa Andi Sudirman Sulaiman masih keluarga Kerajaan Gowa. Menurut Raja Gowa,  Andi Sudirman masih keturunan Sultan Hasanuddin yang merupakan pahlawan nasional. Juga masih ada hubungan darah dengan mantan PM Malaysia Tun Abdul Razak. 

"Jadi wajar kalau Andi Sudirman Sulaiman sebentar lagi juga jadi pemimpin di Sulsel, " kata Raja Andi Maddusila. 

Kerajaan Gowa merupakan kerajaan yang disegani di Sulawesi Selatan dengan rajanya yang paling dikenal Sultan Hasanuddin.

Saat ini Kerajaan Gowa secara administratif berada di wilayah Kabupaten  Gowa yang sejak 1994 dikuasai keluarga Yasin Limpo. Bupati Gowa periode 1994-2002 dijabat Syahrul Yasin Limpo (kini Gubernur Sulsel). Selanjutnya periode 2005-2015 dijabat Ichsan Yasin Limpo yang kini juga maju menjadi calon gubernur. Dan kini, jabatan Bupati Gowa dilanjutkan anak lelaki Ichsan yakni Adnan Purichta Ichsan. Bupati Adnan tak lain keponakan Gubernur Syahrul Yasin Limpo.

Menurut Raja Andi Maddusila, rakyat Gowa dan Sulsel menginginkan gubernur baru untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. “Saya merestui dan kami keluarga kerajaan akan memberikan dukungan penuh kepada pasangan Prof Andalan agar bisa memenangi Pilkada Sulsel. Pesan saya jangan lupakan rakyat, Inshaallah menang,” kata Raja Andi Maddusila.