Harapan Kang Emil di Tahun Baru 2018

MONITOR, Bandung – Untaian pujian dilontarkan Walikota Bandung Ridwan Kamil di malam pergantian tahun baru 2018. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku bersyukur atas partisipasi warganya terutama kalangan pemuda pemudi Bandung.

"Alhamdulillah, tadi muhasabah refleksi akhir tahun 2017 ramai sekali. Ribuan sampai luber ke jalanan. Pemuda Pemudi Bandung makin mantap," puji pria berkacamata ini, di Alun-alun Cicendo tadi malam.

Dalam kesempatan itu, Emil mengajak semuanya untuk memaksimalkan waktu agar bermanfaat dan tidak sia-sia. Lebih jauh, suami Atalia Praratya ini menyampaikan harapannya untuk kota Bandung di tahun 2018. 

Apa saja harapannya?

Pertama, Emil ingin mempertahankan capaian prestasi di berbagai bidang yang telah ditorehkan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kita sudah banyak rangking satu di berbagai bidang. Mudah-mudahan tidak turun lagi," jelasnya.

Kedua, ia ingin Bandung tetap menjadi kota panutan dengan senantiasa menghadirkan berbagai inovasi untuk melayani masyarakat.

Dengan bangga Emil mengakui, beberapa inovasi yang dilakukan Pemkot Bandung sudah mulai banyak diadopsi daerah-daerah lainnya.

"Dan semoga tetap menjadi kota inspiratif dan percontohan," terang bapak dua anak ini.

Ketiga, tantangan terbesar yang adalah menaklukkan Bandung dari kemacetan. Macet, diakui Emil, menjadi hal biasa di kota kembang itu. 

Namun ia tak mau mendiamkan fenomena kemacetan. Ia berujar ingin Pemkot Bandung selalu berupaya menekan kemacetan dengan menghadirkan berbagai program, seperti bus gratis bagi pelajar dan buruh, maupun kampanye bersepeda. 

"Pemkot juga menambah jumlah armada bus dengan tujuan mengonversi pengguna kendaran pribadi ke angkutan massal," terangnya.