Gus Ipul: Pilgub Jatim Harus Berlangsung Sportif dan Santun

Monitor, Pasuruan—Sosok yang digadang-gadang menjadi calon gubernur Provinsi Jawa Timur, Saifullah Yusuf menyebut para kiai Nahdlatul Ulama (NU) ingin Pilgub Jatim 2018 damai. Kompetisi politik tersebut harus berjalan dengan sportif, santun, dan tanpa saling menjatuhkan.

"Saya kan sudah memiliki kesempatan maju dalam Pilgub Jatim. Yang penting saya tekankan, ini kan berangkat dari pesan para kiai, yang intinya belajar dari pengalaman pilkada yang DKI kemarin di mana dampaknya begitu luas, marilah Jawa Timur ini dibikin adem, damai," kata Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di rumah keluarga, Purwosari, Pasuruan, Minggu (4/6/2017).

Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini menyatakan akan memperjuangkan spirit dan keinginan parai kiai tersebut. Ia akan membawa semangat pilkada damai tersebut ke semua partai di Jatim. 

"Jadi spirit dari para kiai ini yang akan kita bawa ke partai-partai. Kita akan ke Golkar, PAN, kita akan ke partai lain, PPP juga PKS. Kita juga akan sampaikan ke Hanura dan NasDem," jelasnya yang resmi diusung PKB maju sebagai cagub dalam Pilgub 2018

"Makanya Pakde (Gubernur Jatim Soekarwo) bicara soal musyawarah dan lain-lain, sebetulnya ingin situasi terkendali dengan tenang meskipun ada kompetisi," katanya.

Di sisi lain, Gus Ipul sendiri menyerahkan nama cawagubnya ke partai koalisi yang nanti terbentuk. "Saya menyerahkan ke partai lah soal itu," jawabnya.