BPS Pastikan Stok Logistik untuk Pengungsi Gunung Agung Aman

MONITOR, Jakarta – Stok persediaan logistik untuk pengungsi Gunung Agung dipastikan aman. Meski beberapa pekan sebelumnya dikabarkan sempat tersendat, namun Badan Pusat Statistik (BPS) memastikan pasokan komoditas disana sangat tercukupi. Hal itu diutarakan Direktur Statistik Harga BPS, Yunita Rusanti.

"Pasokan bahan makanan di sana masih cukup untuk dipasok ke sekitaran Gunung Agung. Tapi tidak tahu ya kalau untuk bulan depan. Sejauh ini pasokannya cukup meskipun kemarin sempat tersendat penyalurannya," ujarnya di Kantor BPS, Jakarta, Senin (2/10).

Lebih lanjut ia mengatakan, di kawasan Bali ada dua kota yang mengalami deflasi dan tidak terpengaruh dengan kondisi alam Gunung Agung. Kedua kota yang dimaksud Yunita, adalah Denpasar dan Singaraja.

Sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan dampak buruk dari bencara Gunung Agung terhadap dua kota tersebut.

"Sebenarnya di Bali, hanya ada dua kota yang masuk survei kami, yaitu Denpasar dan Singaraja. Denpasar tercatat justru deflasi minus 0,33% dan Singaraja minus 0,78%. Jadi, belum terlihat dampak dari Gunung Agung terhadap dua kota di Bali ini," terang Yunita.