Banyuwangi Tambah Fasilitas Wisata

Monitor, Banyuwangi – Kenyamanan berwisata ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur akan semakin bertambah. Hal tersebut seiring dengan mulai beroperasinya hotel berbintang empat yaitu EL Royale Hotel. 

EL Royale Hotel akan mulai uji coba buka pada Rabu (24/5). Hotel terseburt berlokasi di Jalan Raya Banyuwangi-Jember Km7, tepatnya di Kecamatan Kabat. 

"Banyuwangi makin diminati para pelancong, termasuk untuk kebutuhan beragam ajang MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition). Fasilitas-fasilitas penunjang pun terus bertambah," kata Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Sabtu (27/5/2017).

Menurut Anas, setiap tahun kunjungan wisata di Banyuwangi terus meningkat. Wisatawan yang hadir tidak hanya untuk berwisata, namun ada juga acara studi banding pemerintahan hingga menggelar seminar yang kini sudah mulai ramai. 

"Ini yang mengungkit jumlah hotel. Beberapa hotel lain juga sedang proses pembangunan," ungkapnya.

Selama tahun 2016 sendiri tambah Anas terdapat lebih dari 24.000 orang mengunjungi Banyuwangi dari berbagai instansi pemerintahan seluruh Indonesia untuk studi banding. Sedangkan untuk Tahun ini, hingga Maret 2017, sudah lebih dari 100 instansi pemerintahan dan swasta yang berkunjung ke Kota Gandrung itu.

Anas mengatakan satu instansi rata-rata membawa 80 rombongan. Umumnya, mereka ke Banyuwangi untuk mempelajari sejumlah inovasi, terutama penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di mana Banyuwangi menjadi kabupaten pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mendapat nilai A atau tertinggi.

"Itu belum termasuk wisatawan yang memang ingin berlibur di Banyuwangi, yang mencapai lebih dari 75.000 wisatawan mancanegara pada tahun lalu. Belum wisatawan domestik yang jumlahnya jauh lebih banyak," ujar Anas.