Malam ini, Jokowi Pilih Menginap di Tenda Pengungsian Gempa Lombok

Presiden Jokowi mendengarkan keluh kesah para korban gempa bumi di Lombok Utara (dok: Twitter)

MONITOR, Lombok Utara – Presiden Joko Widodo malam ini berencana akan menginap di tenda pengungsian korban gempa bumi di Lombok Utara. Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Diketahui, Jokowi ditemani Kepala Basarnas dan Gubernur NTB TGB Zainul Majdi meninjau langsung penanganan gempa dan mendengarkan keluh kesah para korban terdampak gempa.

“Malam hari ini, bapak Presiden Jokowi akan menginap di tenda pengungsian untuk melihat lebih dekat atas penanganan dampak gempa Lombok,” ujar Sutopo, dalam akun resminya di Twitter, Senin (13/8).

Presiden Jokowi meninjau lokasi penampungan korban terdampak gempa di Lombok Utara (dok: Twitter)

Sutopo menambahkan, meski bencana alam di NTB statusnya bukanlah bencana nasional, akan tetapi ia memastikan pemerintah pusat akan total membantu Pemda setempat untuk memberikan seluruh bantuan untuk para korban.

“Pemerintah pusat pasti akan membantu Pemda, baik anggaran, pengerahan personil, logistik, peralatan dan manajerial. Bahkan sampai pascabencana nanti. Hampir lebih dari 95% bantuan pendanaan dari pusat,” terangnya.

Sekadar informasi, dari sumber BNPB hingga hari ini, korban meninggal gempa 7 SR di Lombok tercatat sebanyak 436 orang, luka-luka 1.353 orang, dan 352.736 warga mengungsi.