ICMI Ingatkan Masyarakat Jangan Apatis terhadap Korban Gempa di NTB

Sekretaris Jenderal (Sekjend) ICMI, Jafar Hafsah (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjend) ICMI, Jafar Hafsah, menyampaikan turut prihatin dan berduka atas musibah gempa bumi dalam sepekan terakhir yang menimpa masyarakat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Lombok.

“ICMI turut berduka cita kepada masyarakat NTB terkait bencana alam gempa bumi yang terjadi,” kata Jafar Hafsah kepada MONITOR, Jakarta, Selasa (7/8).

Ia menuturkan, semua masyarakat Indonesia harus saling bahu membahu membantu saudara setanah air. Jangan sampai, kata dia, masyarakat Indonesia diam apalagi tak bersimpati terhadap kesulitan saudara sebangsanya di provinsi NTB.

Untuk itu, Jafar mengajak masayarakat agar saling membantu terhadap korban bencana alam gempa bumi di provinsi NTB supaya beban kesulitan yang dirasakan dapat berkurang.

“ICMI mengajak semua komponen masyarakat untuk saling bekerja sama dalam membantu korban bencana gempa bumi yang terjadi di NTB,” tegas Jafar.

Tak hanya itu, Ia juga menyoroti mengenai kesigapan aparatur terkait dalam penanganan korban gempa bumi di provinsi NTB. Tindakan aparat yang cukup cepat diapresiasi diapresiasi oleh ICMI. Menurutnya, aparat bertindak cepat dalam penanganan akibat dari bencana yang terjadi.

“Apresisasi terhadap tindakan cepat pemerintah bersama masyarakat lainnya dalam menangani dampak bencana,” tandasnya.

Seperti diketahui, sepekan terakhir provinsi NTB diguncang bencana alam gempa bumi pada Minggu (29/7) dan Minggu (5/8). Gempa bumi yang pertama terjadi berkekuatan 6,4 skala richter kemudian disusul kedua sebesar 7,0 skala richter. adapun, korban jiwa dan luka-luka akibat bencana gempa bumi Minggu (5/8) sebanyak 91 orang meninggal dunia dan 209 orang luka-luka.