Fahri Hamzah Iba Ribuan Rumah di Lombok Hancur Lebur

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Gempa bumi yang melanda wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) tadi malam, Minggu (5/8), menyita perhatian Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. Putra daerah Sumbawa ini prihatin dan cemas atas musibah beruntun yang terjadi di kampung halamannya itu.

Dari informasi yang didapat, kata Fahri, ada sekitar 4 juta lebih penduduk NTB dan sekitar 1,2 Juta rumah tangga dan 70 % tinggal di pulau Lombok yang baru saja kena gempa. Ia sedih manakala ribuan rumah hancur dan belum pulih dari insiden sebelumnya.

“Ini yang dapat berakibat tsunami. Jika pada tempa pertama yang hanya meliput 3 kecamatan sekitar 4.000-an rumah hancur. Apalagi sekarang,” curhat Fahri Hamzah dalam akun Twitternya, Senin (6/8).

Fahri tak menduga, musibah beruntun bakal menimpa kampung halamannya. Ia menyayangkan banyak infrastruktur daerah yang rusak dan hancur berantakan, khususnya rumah warga.

“Entahlah apa penjelasan ilmiahnya. Tapi pulau itu seketika seperti melambung ke atas dan jatuh seperti di-ayak sampai hancur,” kata politikus PKS ini.

“Kerusakan di pulau lombok ini dalam sekejap terjadi secara massif. Korban nyawa tak bisa dihindari dan harta benda hancur berantakan terutama rumah,” tambahnya.