YLBHI Dikepung, Begini Reaksi Ketua Setara Institute

MONITOR, Jakarta – Ketua Setara Institute Hendardi menyadari aksi persekusi di Kantor YLBHI tadi malam, Minggu (17/9), merupakan gerakan by design yang dilakukan untuk mengganggu stabilitas politik dan keamanan.

"Polri harus menyadari betul bahwa tindakan persekusi atas kelompok masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan ilmiah dan mempromosikan pengungkapan kebenaran dan keadilan atas kejahatan kemanusiaan pada 1965, merupakan gerakan by design yang ditujukan untuk tujuan politik dan menciptakan instabilitas politik dan keamanan," ujar Hendardi dalam keterangan tertulis, Senin (18/9).

Ia menilai isu PKI merupakan sebuah ilusi yang dibangkitkan kembali untuk mengadu domba masyarakat. "Secara de jure, paham komunisme telah dilarang berkembang dan secara de facto gerakan ini tidaklah nyata. Dengan demikian, kebangkitan PKI adalah illusi tetapi terus dikapitalisasi sebagai alat politik penundukkan," jelasnya.

Lebih lanjut, aktivis HAM ini meyakini bahwa di balik pengepungan Kantor YLBHI, ada aktor lain yang mengendalikan para kelompok penyerang dari organ-organ intoleran untuk merusak dan memecah belah kesatuan antar warga.

"Masyarakat mesti sadar dan memahami bahwa isu kebangkitan PKI adalah cara untuk memecah belah warga dan hanya menguntungkan pihak-pihak yang menggerakkannya," tegasnya.