Kamis, 28 Maret, 2024

Waspada Medsos Penyebar Hoax Menjelang Pilkada Serentak

MONITOR, Jakarta – Menjelang Pilkada Serentak 2018, Mabes Polri meningkatkan pengawasan terhadap media sosial yang menyebarkan hoax.

"Memang fenomena sekarang medsos menjadi satu alat untuk mencapai tujuan bermacam-macam," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Mohammad Iqbal di Jakarta, Kamis (28/12).

Menurut Iqbal, polisi diberi amanat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menangani penyebaran hoax melalui medsos.

Iqbal menyatakan, Mabes Polri serius menangani penyebaran hoax dengan memperkuat struktur kelembagaan seperti Biro Multimedia Divisi Humas dan Direktorat Siber, Badan Reserse Kriminal.

- Advertisement -

Lebih lanjut menurut Iqbal, Polri akan selalu mengayomi masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban melalui cara preemtif dan preventif terhadap pengguna medsos.

Mabes Polri juga menggelar diskusi yang berkaitan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar masyarakat dan warganet tidak percaya dan mewaspadai hoax.

Iqbal mengimbau para bakal calon kepala daerah dan legislator bersaing secara fair, santun, dan tidak menghalalkan segala cara atau menghasut masyarakat. Mabes Polri juga akan segera menandatangani nota kesepahaman dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER