Warga DKI Diimbau Shalat Gerhana Bulan

MONITOR Jakarta – Menyambut datangnya Gerhana Bulan Total (GBT), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan imbauan kepada masyarakat Jakarta agar fenomena satelit itu dijadikan ajang pembelajaran dan ajang peningkatan iman kepada sang pencipta.

Fenomena satelit Bumi itu akan terjadi pada 31 Januari mendatang.

"Awal GBT diperkirakan terjadi pukul 19.51 WIB, dengan puncaknya pada pukul 20.29 WIB, dan berakhir pada pukul 21.07 WIB," tulis Anies dalam surat imbauan yang ditandatanganinya pada Selasa (23/1).

Anies memerintahkan kepala Dinas Pendidikan DKI untuk menyebarkan edaran kepada sekolah-sekolah berisi informasi tentang fenomena gerhana Bulan.

"Disertai dengan imbauan kepada guru untuk menjadikan fenomena sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan," jelasnya. 

Dia juga meminta jajaran Dinas Pariwisata dan budaya untuk menyambut gerhana Bulan. Yaitu dengan mempersiapkan fasilitas dan dukungan di tempat-tempat wisata yang dapat dijadikan titik pengamatan gerhana bulan bagi warga Jakarta  

Terakhir, Anies mengimbau Biro Pendidikan dan Mental Spiritual menyebarkan edaran kepada masjid-masjid berisi informasi tentang gerhana Bulan. Disertai dengan ajak dan panduan untuk menunaikan salat gerhana secara syar'i.