Usai Idul Fitri, Sandi Janji Sulap Tanah Abang Melebihi Grand Bazaar Turki

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno

MONITOR, Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan melakukan penataan Tanah Abang usai Hari Raya Idul Fitri atau lebaran nanti. Dalam penataan Tanah Abang ini, pihak Pemprov DKI akan membuat pusat perbelanjaan lebih besar dari pada Grand Bazar Turki.

“Kalau dilihat, dari segi site-nya saja lebih besar (dari Grand Bazaar) dan dari segi modal transportasinya, lebih banyak yang bersinggungan baik yang MRT, LRT, maupun Trans Jakarta dan juga Commuter. Kebetulan di pinggir badan air, itu juga nanti akan ada water front areanya juga di sana,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, di Jakarta Pusat, Senin (21/5).

Menurutnya, penataan kawasan Tanah Abang ini harus melibatkan multi entitas atau multi sektor. Baik di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Seperti PT Kereta Api Indonesia, PD Pembangunan Sarana Jaya, Transjakarta, LRT dan MRT.

“Kita libatkan begitu banyak konsultan dan para pemegang lahan di seputar Tanah Abang. Juga kita libatkan Trans Jakarta, LRT, Jakpro. Kita libatkan juga MRT kemarin hadir, Dinas Perhubungan. Juga kita akan mengundang teman-teman dari Dirlantas. Juga kita pastikan juga PD Pasar Jaya karena ada (revitalisasi) Blok G,” katanya.

Dalam penataan Tanah Abang ini, pihaknya akan membangun sky bridge dari stasiun KRL ke Paar blok G hingga blok A. Pasar blok G sendiri akan direvitalisasi dengan konsep transit oriented development (TOD). Di atas pasar blok G ini akan dibuatkan hunian vertikal dan perhotelan untuk menunjang aktivitas pedagang dan pembeli di Tanah Abang.

“Insya Allah minggu depan sudah mulai terlihat langkah koordinasinya itu nanti kita akan sampaikan ke publik untuk mendapatkan masukan. Tetapi berita bagusnya, sky bridgenya akan bisa mulai dibangun setelah Lebaran. Jadi sekarang lagi mulai proses lelang, mudah-mudahan setelah lebaran, 2.5-3 bulan itu bisa mulai difungsikan,” ungkapnya