Jumat, 29 Maret, 2024

Ultimatum Militer Filipina kepada Pemberontak Marawi, Menyerah atau Mati

Monitor, Marawi, Filipina – Militer Filipina menyerukan kepada anggota militan Maute di Marawi untuk menyerahkan diri atau dibunuh dalam operasi militer untuk melumpuhkan kelompok pro-ISIS itu.

"Kami menyerukan kepada teroris yang masih tersisa untuk menyerahkan diri ketika masih ada kesempatan," kata juru bicara militer Brigjen Restituto Padilla kepada wartawan pada Selasa (30/5/2017) seperti dilansir KBRN dari Reuters.

Pertempuran antara pasukan pemerintah dan kelompok militan Maute masih berlangsung di Marawi, Mindanao, Filipina selatan.

Perkembangan tersebut terjadi meskipun kemarin militer sempat mengatakan, pertempuran sudah mencapai tahap akhir untuk merebut kembali Marawi.

- Advertisement -

Pemberontak Maute menguasai sebagian wilayah kota Marawi pekan lalu sebegai buntut kegagalan militer menangkap Isnilon Hapilon, pemimpin milisi Abu Sayyaf yang pro-ISIS.

Sementara itu, kondisi beberapa ratus warga sipil yang terjebak di dalam kota Marawi dikhawatirkan bertambah buruk.

Di antara mereka yang belum dievakuasi adalah 16 warga negara Indonesia yang melakukan misi dakwah di sana.

Sementara itu, ribuan orang warga kota telah menyelamatkan diri dari pertempuran yang menyebabkan 19 warga sipil meninggal dunia.

Selain itu, menurut data resmi, pertempuran di Marawi juga merenggut nyawa 17 tentara, tiga polisi, dan menewaskan 65 anggota milisi.

Sebagian warga mengungsi ke Provinsi Lanao del Norte, ke arah utara dari Marawi, dan mereka mengatakan harus menempuh perjalanan yang amat sulit untuk menyelamatkan diri

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER