Jumat, 19 April, 2024

Truk Pengangkut Steel Box Kembali Jalan, Volume Tol Cikampek Stabil

MONITOR, Jakarta – Truck trailer kembali melakukan proses pengangkutan steel box girder dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek di lokasi Stockyard KM 25 arah Cikampek menuju ke lokasi rencana pemasangan (instalasi) steel box girder di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM.46 arah Jakarta, sejak hari Rabu (3/1/2018) pukul 23.00 WIB.

Saat truk pengangkut berada di KM.31+100 arah Cikampek, terjadi hentakan ketika truk akan berpindah lajur, akibatnya steel box girder berubah posisi menjadi miring diatas truck pengangkut, namun tidak sampai terjatuh ke jalan tol. 

Jasa Marga (Persero) tbk melaporkan, kondisi itu sempat mengakibatkan kepadatan lalu lintas. Untuk menjaga keamanan keselamatan pekerja dan pengguna jalan tol, AVP Corporate Communication Dwimawan Heru menyatakan, truk terpaksa dihentikan.

"Dipaksa dihentikan dan didatangkan crane dari KM.25 arah Cikampek guna memperbaiki posisi steel box girder sebelum melanjutkan perjalanan," tutur Heru dalam siaran pers yang diterima Monitor.

- Advertisement -

Untuk mengurai kepadatan yang terjadi, maka dilakukan rekayasa lalu lintas menuju Cikampek dengan pengalihan melalui Gerbang Tol Cikarang Barat sampai proses perbaikan posisi steel box girder selesai dilakukan oleh crane pada pukul 03.00 WIB. 

Selanjutnya, tepat pukul 03.12 WIB truck pengangkut kembali melanjutkan perjalanannya dan lalu lintas dini hari kembali normal sejak pukul 05.00 WIB.

Heru menyatakan, kepadatan yang terjadi pagi ini merupakan kepadatan harian Jalan Tol Jakarta-Cikampek sehubungan dengan VCR Jalan Tol Jakarta Cikampek lebih besar dari 1,3 yang artinya Volume kendaraan yang melintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sudah melebihi kapasitas lajur jalan yang tersedia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER