Tito Karnavian Tak Ingin Hubungan Polri-KPK Memburuk

MONITOR, Jakarta – Dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dan Saut Situmorang dilaporkan melakukan pemalsuan surat. Meski penyelidikan akan dilakukan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan hal itu tidak akan merusak hubungan antara Polri dengan KPK.

"Saya menyampaikan komitmen, prinsipnya tak ingin masalah menjadi gaduh dan membuat hubungan Polri dan KPK menjadi buruk," ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Kamis (9/11).

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menegaskan, hubungan kedua institusi ini sudah terjalin baik. Dia tak ingin Polri berbenturan dengan institusi mana pun.

"Kami sebagai lembaga Polri sangat ingin berusaha menjain hubungan baik dan sinergi. Saya tak ingin sebagai pimpinan Polri, Polri berbenturan dengan lembaga lain, nanti ada yang diuntungkan," kata Tito.

Perlu diketahui, Agus Rahardjo dan Saut Situmorang, dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tuduhan membuat surat palsu dan menyalahgunakan wewenang dalam penyidikan kasus yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto.

Surat yang terbit pada 2 Oktober 2017 ini berisikan permintaan pencegahan ke luar negeri atas nama Ketua DPR RI Setya Novanto.