Tahun 2018, Pemprov DKI Terapkan Sistem ‘GovPay’

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap berkolaborasi dengan berbagai pihak demi pembangunan Ibu Kota Jakarta. Hal demikian ditegaskan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandi, demikian sapaan akrab Sandiaga, memaparkan pihaknya saat ini sedang menggarap GovPay 2018, yang nantinya mengintegrasikan sejumlah kebijakan pemprov DKI berbasis data.

Langkah-langkah yang akan dilakukan, kata Sandi, dimulai dari transaksi nontunai (cashless), keterbukaan data publik, dan big bang data dalam penyusunan kebijakan.

"Melalui Jakarta Smart City, seluruh data yang didapat Pemprov berasal dari masyarakat, laporan media, instansi pemerintah terkait (kepolisian), aplikasi digital, dan penelitian internal dapat terintegrasi," papar Sandiaga, seperti yang ditulisnya dalam akun media Instagram.

Hal itu, lanjut dia, diharapkan mampu menghasilkan kebijakan yang komprehensif dan relevan untuk Jakarta, dengan tiga landasan utama dalam transformasi Jakarta ke depan, yaitu people (warga), profit (kebermanfaatan), dan planet (lingkungan).