Suriah Balas Serangan Israel, Begini Tanggapan Iran

MONITOR, Teheran – Kepala Keamanan Iran angkat bicara terkait serangan udara Israel di Suriah 10 Februari lalu, dimana searanga  tersebut memicu tembakan balasan dari pertahanan udara Suriah.

"Bangsa Suriah membuktikan kali kni bahwa mereka akan menanggapi tindakan agresi, karena era 'hit and run' sudah berakhir," kata Sekertaris Dewan Keamanan Nasional Agung Iran, Ali Shamkhani seperti dilansir Sputnknews, Minggu (11/2).

Selain memuji keberanian Suriah, pejabat keamanan Iran tersebut juga membantah klaim Israel terkait aksinya terhadap drone-drone Iran di Suriah. Ia mengatakan klaim Israel yang menyebut bahwa pesawat tak berawak Iran telah hancur oleh aksi Israel adalah kebohongan.

"Klaim oleh Zionis (bahwa mereka telah melakukan serangan) untuk merusak basis-basis Iran di Suriah adalah sebuah kebohongan," tegas Shamkhani, seraya menjelaskan bahwa kehadiran Iran di Suriah adalah berbentuk penasihat militer, hal itu sekaligus membantah klaim Israel terkait drone.

Pernyataan tersebut menyusul serangan Israel terhadap beberapa target militer di Suriah pada 10 Februari. Seperti yang dikatakan oleh Jonathan Conricus, juru bicara IDF, pemogokan tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas baku serangan helikopter serangan Apache Israel yang mencegat pesawat tak berawak Iran yang menyusup ke wilayah yang disengketakan. dari Dataran Tinggi Golan.