Soal Fasilitas GBK yang Rusak, Ini Kata Anies Baswedan

MONITOR, Jakarta – Sejumlah fasilitas stadion Gelora Bung Karno (SBK) rusak karna ulah oknum supoter saat pertandingan final Piala Presiden antara Persija vs Bali United digelar Sabtu, (17/2) lalu. Aksi pengrusakan tersebut amat disayangkan karena GBK baru dua kali dipakai setelah direnovasi total demi pelaksanaan Asian Games Agustus 2018 mendatang.

Menanggapi hal ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara, Anies memandang Suporter di Indonesia diperlukan pembinaan yang intens dan jangka panjang. 

“Suporter di kita itu harus dibina terus. Mudah-mudahan dengan ada pembinaan bisa menjadi lebih baik,” katanya di Petojo, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan dirinya sudah menyerukan agar para supporter harus menjaga ketertibannya. Anies juga mengatakan sesama supporter harus saling mengingatkan. 

“Bagaimanapun juga, semua penonton sepak bola yang berangkat harus saling mengingatkan bahwa fasilitas-fasilitas ini adalah fasilitas yang mencerminkan bangsa negara. Jangan dirusak. Jika ada yang lakukan, tegur, laporkan. Lalu kenyataan sekarang sudah ada kerusakan, harus segera diperbaiki,” imbuhnya.

Diketahui beberapa fasilitas di Stadion Utama GBK rusak usai pertandingan Final Piala Presiden antara Persija Jakarta dengan Bali United. Beberapa fasilitas yang rusak adalah padat pembatas di dalam stadion, pintu masuk Zona 9 dan tanaman di taman sekitar Stadion GBK.