Situasi Tak Kondusif, Bus Tanah Abang Explorer Stop Beroperasi

MONITOR, Jakarta – Unjuk rasa yang dilakukan para sopir mikrolet jurusan Tanah Abang belakangan menyebabkan situasi sekitar lokasi kurang kondusif, hal itu berdampak pada tidak beroperasinya angkuta bus Transjakarta Explorer yang biasanya mengangkut penumpang secara gratis.

Kondisi yang demikian dibenarkan oleh Direktur Umum PT Transjakarta Budi Kaliwono, menurutnya penghentian operasional bus Tanah Abang Explorer dimulai hari ini, Selasa (30/1) hingga situasi dikatakan benar-benar kondusif.

"Ya, mulai hari Selasa bus Tanah Abang Explorer sementara tidak beroperasi dulu, nanti setelah situasi kondusif kita pikirkan untuk beroperasi lagi," terangnya.

Dijelaskan Budi, bus Transjakarta Eksplorer beroperasi di Tanah Abang sejak 22 Desember 2017 lalu, kehadirannya juga sengaja diperuntukkan untuk pengunjung Tanah Abang tanpa dipungut biaya.

"Kapan kami kembali beroperasi, itu belum bisa kami katakan. Yang jelas sampai kondisi benar-benar kondusif," terangnya.

Budi juga menjelaskan bahwa penghentian operasional bus Tanah Abang Explorer sebelumnya telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.