Simak Cara Agen Intelijen Turki Tentukan Sasaran Rudal di Afrin

MONITOR, Ankara – Sumber keamanan Turki menyebutkan, Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) turut ambil bagian dalam operasi yang sedang berlangsung di wilayah Afrin, Suriah. Keberadaan MIT untuk mendukung Angkatan Bersenjata Turki (TSK) dalam operasi yang dinamakan "Olive Branch" tersebut.

Ya, Sabtu lalu, Turki telah meluncarkan operasi Olive Branch yang diklaim guna memburu kelompok yang dianggap teroris oleh negara tersebut,diantaranya yakni PKK, YPG dan ISIS di Afrin.

Bagaimana cara kerja MIT dalam operasi tersebut?

Anadolu melansir, dalam operasi tersebut, MIT bertugas menganalisis citra satelit yang direkam oleh para personilnya di Afrin, kemudian diteruskan sebagai sinyal peringatan kepada pasukan Turki untuk mencapai target mereka.

Selain itu, personil MIT bertugas menghubungkan jaringan komunikasi target dan menginformasikannya kepada tentara Turki mengenai lokasi target. 

Sumber keamanan yang enggan disebutkan namnya tersebut mengatakan, MIT juga bekerjasama dengan tentara Turki untuk memberikan arahan kepada Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang turut ambil bagian dalam operasi tersebut.

Organisasi tersebut juga memperbarui target serangan udara dan menginformasikan militer mengenai situasi terakhir setelah target dilumpuhkan.

Jet Turki pada Sabtu dikabarkan telah menghancurkan pos pantau dan target lainnya di Afrin.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemerintah Turki mengklaim operasi di Afrin bertujuan untuk membangun stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan Turki, dan melindungi warga Suriah di sekitar wilayah tersebut dari kekejaman teroris.