Selama Ramadhan, Bazis DKI Berhasil Himpun Zakat 54 miliar

MONITOR, Jakarta – Di bulan Ramadhan ini, Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah, (BAZIS) DKI Jakarta sudah berhasil mengumpulkan zakat kurang lebih mencapai Rp 54 Miliar. Jumlah raihan zakat ini mungkin akan terus naik hingga akhir ramadan nanti. Disisi lain, pihak Bazis DKI menargetkan bisa mengumpulkan zakat di 2018 mencapai 300 miliar.

Yang menarik, dari data yang ada di BAZIS DKI, untuk urusan zakat ternyata Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno mengalahkan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Sandi mengeluarkan zakatnya melalui BAZIS DKI sebanyak Rp 1,8 miliar. Sementara Gubernur Jakarta Anies Baswedan menzakatkan hartanya sebanyak Rp 75 juta.

Ketua BAZIS DKI Zahrul Wildan mengatakan, selain Anies dan Sandi, sejumlah pejabat DKI pun seperti Sekertaris Daerah (Sekda) serta Satuan Kepala Perangkat Daerah (SKPD) juga turut menzakatkan hartanya melalui Bazis DKI yang totalnya mencapai Rp 1 Miliar.

“Memang hampir sebagian besar pengumpulan zakat yang kamu lakukan itu 60 persen dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang beragama Islam,” jelasnya.

Dalam mengumpulkan zakat para ASN ini dilakukan dengan melakukan pemotongan gaji.

“Sampai sekarang untuk tahun ini dana yang terkumpul sudah Rp 54 miliar. BAZIS DKI menargetkan pengumpulan dana sebesar Rp 300 miliar hingga akhir tahun,” pungkasnya.