Jumat, 29 Maret, 2024

Sekjen PSSI Ratu Tisha Bakal Diperiksa Bareskrim Terkait Dugaan Pengaturan Skor

MONITOR, Jakarta – Terkait kasus dugaan pengaturan skor dalam pertandingan sepakbola, Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal Polri mengagendakan pemeriksaan terhadap Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria hari ini.

Bukan hanya Ratu Tisha, ada empat orang lainnya yang turut dipanggil. Mereka adalah Manajer Madura FC Januar Herwanto, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Berlington Siahaan, Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Richard Sambera, dan Sekjen BOPI Andreas Marbun.

“Lima orang itu akan dipanggil sebagai saksi untuk dimintai keterangan awal,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan pada Jumat, 21 Desember 2018.

Dedi menyatakan, lima orang tersebut diduga memiliki informasi dan mengetahui seputar kecurangan pengaturan skor dalam pertandingan sepak bola. “Mereka juga diduga paham dengan mekanisme dan standar operasional prosedur dalam pertandingan sepak bola,” ucap Dedi.

- Advertisement -

Kemudian, untuk rencana lanjutan, penyidik telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap tujuh orang lainnya pada 26-28 Desember mendatang. “Nanti saya sampaikan siapa saja yang dipanggil,” kata Dedi.

Kasus skandal pengaturan skor di pertandingan sepak bola kembali muncul ke publik setelah diembuskan oleh Januar. Ia mengaku pernah ditawari sejumlah uang oleh anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Hidayat, agar timnya mengalah saat melawan PSS Sleman di Liga 2.

Hidayat pun memutuskan mundur dari Exco PSSI setelah kasus dugaan pengaturan skor itu mencuat. Komdis PSSI hanya melayangkan sanksi kepada Hidayat berupa larangan beraktivitas di sepak bola selama tiga tahun, diwajibkan membayar denda sebesar Rp 150 juta dan dilarang memasuki stadion selama dua tahun.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER