Jumat, 26 April, 2024

SDF Berhasil Usir ISIS dari Masjid Agung Raqqa

MONITOR, Washington- Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin etnis Kurdi berhasil membebaskan Masjid Agung Raqqa, Suriah dari kelompok ISIS. Berita tersebut muncul dari Pasukan Gabungan Inheren Desolve yang mengeluarkan pernyataan, Senin (4/9).

"Koalisi mengucapkan selamat kepada Pasukan Demokratik Suriah atas keberhasilan pembersihan di Masjid Agung Raqqa 2 September. Perebutan Masjid Agung merupakan tonggak sejarah dalam pertempuran yang sedang berlangsung untuk menghilangkan ISIS di Raqqa dan dari seluruh Suriah," bunyi pernyataan yang dilansir Sputniknews, Senin.

SDF bersama pasukan koalisi dikabarkan telah mengevakuasi ribuan warga sipil dan meminimalisir kerusakan di kawasan kota tua Raqqa, termasuk bangunan Masjid Agung.

Raqqa telah dikendalikan oleh ISIS sejak 2013. Juli lalu, koalisi internasional yang dipimpin Amerika Sedikat termasuk SDF memulai sebuah operasi yang bertujuan membebaskan kota tersebut. Kota tua tersebut berhasil dibebaskan dari ISIS minggu lalu.

- Advertisement -

Masjid Agung Raqqa dibangun pada abad ke-8 dibawah pemerintahan Al-Mansur, Khalifah dalam Kekalifahan Abbasiya kedua. Masjid tersebut sekaligus menjadi masjid tertua di Raqqa.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER