Sandi Ogah Ampuni Pembajak Kunci Jawaban Ujian Sekolah

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta bereaksi keras terhadap adanya kebocoran jawaban soal ujian sekolah yang ditemukan oleh tim Ombudsman.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dengan tegas, tidak akan memberikan tolerasi kepada pelaku yang sudah membocorkan ini jawaban soal ujian tersebut.

"Harus ditindak tegas ya. Karena persoalan jawaban ujian sekolah bocor selalu terulang terus," tegas Sandi panggilan akrabnya di Balaikota, Jakarta, Kamis (5/4).

Dikatakan Sandi, dirinya sangat menyayangkan adanya kebocoran soal ujian seperti yang telah ditemukan Ombusman dari tempat Bimbingan Belajar (Bimbel).

"Pemprov DKI mengucapkan terimakasih kepada Ombudsman dengan temuannya soal jawaban ujian bocor," ujarnya.

Dia menjelaskan, ujian adalah diperuntukan kepada generasi muda untuk memasuki tahap selanjutnya. Selain itu, untuk melatih kejujuran agar tidak berbuat curang dalam membentuk integritas.

"Tapi kalau masih diakalin juga, kita ingin membenahi temuan Ombusman ini menjadi pengingat, kita kalau mau maju tidak boleh curang," ungkapnya.

Sekedar diketahui, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Dominikus Dalu membeberkan, kebocoran soal dan kunci jawaban itu berasal dari tempat bimbingan belajar.

Kasus ini terjadi  di tiga wilayah yakni di DKI Jakarta, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.