Ruangan di BKSAP DPR RI Gosong Dilalap Api, Ini Penampakannya

MONITOR Jakarta – Pagi tadi kepulan asap tiba tiba menyelimuti dari salah satu ruangan staf atau tenaga ahli Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) yang hangus terbakar dilalap sijago merah.

PLT Sekjen DPR RI Damayanti, mengatakan dirinya mendapatkan kabar kebakaran sekitar pukul 07.45 WIB. 

“Saya dapat kabar kebakaran itu jam 07.45 WIB. Kebakaran itu di lantai 4 di ruang TA (tenaga ahli) BKSAP, ruangannya itu berukuran 3×4," ungkap Plt Sekjen DPR Damayanti saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2).

Adapun pada kejadian kebakaran itu ruangan yang terbakar ada di lantai 4, Gedung Nusantara III yang berada di Kompleks Parlemen. Yang dimana ruangan tersebut menjadi lokasi ruangan para pimpinan Wakil Rakyat.

Sekjen PLT DPR itu mengatakan belum mendapat keterangan lebih lanjut mengenai penyebab kebakaran. Namun, dia menduga akibat korsleting listrik dari kabel yang berada di meja-meja staf. Yang kini terlihat sudah hangus terbakar.

"Jadi apakah korsleting listrik apa bukan nggak ngerti, cuma di sini dispenser nggak dicolok, printer yang di situ justru printer mati, dan di meja ada microwave dalam keadaan mati, ya mungkin berasal dari kabel yang kita biasa pake di meja itu bisa jadi," tutur dia.

 

Damayanti juga menjelaskan berkas dan dokumen yang ada di dalam ruangan itu tidak terbakar, seperti yang diketahui ada  bertumpuk berkas dokumen penting diruangan itu.

 

“tadi saya lihat dokumen yang penting tidak ada yang terbakar, yang ada tuh yang di atas meja beberapa dokumen yang disiapkan bu kepala biro untuk konsep rapat besok pagi itu tidak ada yang terbakar,” tutur Damayanti

 

Unit pemadam kebakaran bertindak cepat pada Insiden yang terjadi ketika kebakaran itu, sehingga dikerahkan sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kobaran api. "Tadi ada 5 unit damkar yang ke sini,"kata dia.

Menurut informasi yang dihimpun sampai saat ini dapat dipastikan tidak ada satupun korban jiwa dalam peristiwa tersebut, Namun, belum dapat ditaksir berapa kerugian akibat kebakaran di ruangan BKSAP ini. Terlihat sejumlah Tim Polsek Tanah Abang dilokasi kejadian untuk mengecek apa penyebab terjadinya kebakaran.