Puluhan Massa Tolikara Serang Kantor Kemendagri, Tiga Orang Terluka

MONITOR, Jakarta – Peristiwa mengerikan terjadi di kantor Kementerian dalam Negeri (Kemendagri). Sekitar pukul 15.00 WIB, puluhan massa yang diketahui merupakan pendukung calon Bupati Tolikara Papua yang kalah, mengamuk dan merusak sejumlah kendaraan dan properti Kemendagri.

Berdasarkan keterangan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono, massa melempari batu dan merusak mobil Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum.

"Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum cuma biasa, dia ketimpa (batu), cuma mobil Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum itu rusak berat, hancur sehingga tidak bisa dipakai," ujar Soni, Rabu (11/10).

Selain Dirjen, mereka juga menghancurkan sejumlah pot bunga, melempari gedung dengan batu. Bahkan mengejar sejumlah petugas pengamanan dalam (pamdal) Kementerian Dalam Negeri menerobos masuk ke dalam areal perkantoran.

"Yang luka parah 1 dari pamdal, kemudian bus kantor 1," terangnya.

Aksi mereka rupanya dibalas oleh pegawai negeri sipil (PNS) Kemendagri. Mereka kemudian saling balas menyerang. Aksi lebih lanjut tak dapat dihindarkan. Saling lempar dan pukul terus mewarnai hingga ke jalanan.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia