Prof. Dailami Firdaus Berharap Condet Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan DKI Jakarta

MONITOR, Jakarta – Anggota DPD RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Prof Dailami Firdaus menilai Giat Condet punya potensi adalah sebuah dedikasi pihaknya sebagai masyarakat yang cinta akan budaya dan lingkungan. Prof Dailami ingin Condet menjadi destinasi wisata unggulan di DKI Jakarta.

"Potensi Condet lebih terlihat lagi dengan nyata melalui susur Ciliwung, dimana melalui giat tersebut dapat dilihat batu-batuan yang berusia jutaan tahun, lokasi penemuan artefak, binatang asli Ciliwung dan banyak hal lagi," tutur Prof Dailami di Jakarta, Minggu (1/4)

Menurutnya, Wisata Jakarta itu semestinya tidak melulu ber'main' di ATAS, seperti mal-mal yg besar, pusat perbelanjaan mewah, gedung-gedung pencakar langit ataupun hiburan malamnya yg gemerlapan.

"Konsep kami beda, kami ingin dari mengangkat kembali yang telah tercipta dari BAWAH, yaitu sebuah dasar peradaban budaya yang berasal dari kearifan lokal warga masyarakatnya"paparnya.

"Kami pilih Condet krn kami ingin menunaikan hasrat rindu masyarakat akan hadirnya kembali sebuah kawasan wisata Condet yg asri dan asli" sambungnya.

Sementara itu, Iwan Henry Wardhana selaku Kepala suku dinas Pariwisata dan Budaya Kota Jakarta Timur menjelaskan, peran Pemerintah itu bukan hanya sekedar menetapkan Condet sebagai sebuah kawasan Cagar Budaya, tapi juga ikut  berperan serta aktif melestarikan kawasan Condet bersama-sama dengan warga masyarakatnya. Karena penetapannya sebagai Kawasan Cagar Budaya inilah, Pemerintah harus mampu mengedukasi warga Condet utk menjaga dan melestarikan wilayahnya. Membuat warga Condet bangga akan nilai-nilai budaya di lingkungannya adalah sebuah kewajiban bagi Pemerintah, sehingga nantinya budaya ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yg ingin melihatnya, bahkan mempelajarinya.

"Kami pilih Condet sbg salah satu kawasan unggulan utk pagelaran Seni dan Budaya di Jakarta Timur. Tempat ini menarik perhatian kami krn begitu banyak nilai2 sejarah Jakarta yg tersimpan di kawasan ini.  Kini kami temukan potensi Wisata yang selama ini kami cari. Diinisiasi oleh anak2 muda Betawi berbakat seni dan bermental baja yang ingin mengubah kawasannya menjadi indah, bersih nyaman, berseni dan berbudaya," Ujarnya.

Sesuai pesan Wakil Gubernur Bang Sandi, pemerintah harus mendukung segala aktivitas masyarakat yang positif dan mampu membangun perekonomian dan menumbuhkan geliat usaha – usaha baru, industri kreatif untuk terciptanya Lapangan Kerja bagi masyarakat.