Pos Pengamatan Gunung Api di Solok Rusak Akibat Gempa

Pos pemantauan gunung api di Kabupaten Solok yang hancur akibat gempa (dok.esdm.go.id)

MONITOR, Sumatera – Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Talang di Kab. Solok, Sumatera Barat mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi kemarin.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) juga merusak beberapa rumah warga di Nagari Batang dan beberapa korban meninggal dunia akibat tertimpa runtuhan dinding rumah. Sementara itu di di Nagari Simpang Tanjung Nan IV terdapat korban luka.

“Pada tanggal 21 Juli 2018 pukul 14:58:17 WIB terjadi gempa, terasa 5.5 SR yang berpusat pada koordinat 0,97?LS dan 100,70?BT atau 15 km Barat Daya Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 14 km. Gempa ini dapat dirasakan di Pos Pengamatan Gunung Talang pada skala III-IV MMI. Gempa tersebut langsung diikuti oleh munculnya jenis gempa Vulkanik Dalam (VA) secara beruntun. Sejak pukul 14.58 hingga 18.37, terhitung 80 kali gempa Vulkanik Dalam dengan amplitudo 3 – 72 mm” ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani, Minggu (22/7).

Meski mengalami sedikit peningkatan akibat gempa, aktivitas Gunung Talang dinilai masih belum perlu ditingkatkan dan tetap pada Level I (Normal).

Rekomendasi bagi masyarakat di sekitar Gunungapi Talang dan pengunjung/wisatawan adalah tidak diperbolehkan mendekati kawah utama dan kawah selatan dalam jarak dekat.

“Pemantauan aktivitas Gunung Talang serta koordinasi dengan pemerintah daerah terus dilakukan secara intensif,” tutup Kasbani.