Politikus PKS Sarankan Anies Rombak Total Pejabat BUMD

MONITOR, Jakarta – Kalangan wakil rakyat Jakarta meminta Gubernur Jakarta Anies Baswedan tidak tanggung-tanggung dalam melakukan rotasi jabatan, yang akan dilakukannya pada bulan ini. Para politisi Kebon Sirih itu menyarankan agar rotasi jabatan dilakukan secara menyeluruh.

"Sebanyak 22 dinas, dan 27 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemprov DKI harus dievaluasi tanpa terkecuali. Tujuannya agar Pak Anies mudah dalam menjalankan program-programnya," ujar Wakil Ketua DPRD Jakarta Triwicaksana kepada MONITOR, Senin (2/4).

Menurutnya, apabila yang dirombak hanya beberapa orang saja, nantinya tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Tidak hanya itu, politikus PKS yang akrab disapa Sani ini meminta Anies agar memilih sendiri orang-orang yang dianggap mampu melaksanakan tugas-tugas yang diberikannya.

"Kami sih meminta kepada Pak Anies agar mengenyampingkan adanya orang-orang titipan. Sebab kalau orang-orang titipan ini tetap diakomodir oleh Anies, dampaknya akan lebih buruk lagi," tukas Sani.

Yang menarik, Sani tidak canggung untuk mengatakan pejabat atau direksi BUMN yang layak dan pantas untuk dirombak.

Sani pun menyebut nama PT Transjakarta. Dengan armada yang dimiliki saat ini, Transjakarta semestinya mampu menjaring penumpang hingga 8.000 orang per hari. Namun, kenyataanya saat ini busway baru mampu menjaring penumpang 5.000 orang saja.

“Tujuan utama Transjakarta untuk membuat pengguna kendaraan pribadi beralih ke Transjakarta juga tidak tercapai. Dengan kondisi ini, tentu dapat menjadi masukan bagi gubernur melakukan evaluasi,” pungkasnya.