PMI buka 2 rekening donasi untuk bantu Masyarakat Gunung Agung

MONITOR, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Penggalangan dana ini dilakukan melalui 2 (dua) rekening yaitu Bank Mandiri KCP Jakarta Krakatau Steel dengan nomor 070-00-0011601-7 atas nama Palang Merah Indonesia dan BCA KCU Thamrin dengan nomor 206-300668-8 atas nama Kantor Pusat PMI.

“Nomor rekening yang dibuka untuk menerima donasi dalam rangka penggalangan dana untuk masyarakat yang terdampak Bencana Gunung Agung yang saat ini berstatus Awas,” kata Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita dalam siaran persnya, Jakarta, Rabu (27/9).

Ditambahkan Ginandjar, bagi masyarakat yang ingin membantu warga di Bali, dapat langsung mentransfer dana donasinya ke nomor rekening tersebut. Penggalangan dana PMI untuk Gunung Agung dilakukan mulai 27 September hingga 26 November atau selama 2 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

Selain membuka penggalangan dana, PMI di Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota telah melakukan pelayanan untuk membantu masyarakat terdampak Bencana Gunung Agung dengan memobilisasi 149 sukarelawan untuk melakukan evakuasi, melakukan pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan 11 ambulan, 6 kendaraan tangki air untuk menyalurkan air bersih serta membuka dapur umum.  

PMI Pusat di Jakarta mendukung operasi tanggap darurat ini dengan mengirimkan bantuan logistik berupa 2.000 selimut, 1.000 paket peralatan kesehatan (hygiene kit), 500 lembar terpal, 500 paket bayi, 50.500 masker, dan 10 tenda pleton yang diberangkatkan dari Gudang Regional PMI di Gresik Jawa Timur dan Gudang Regional Serang, Banten.