Terlibat Kecelakaan, Novelis Nh Dini Meninggal Dunia

Novelis, Nh Dini

MONITOR, Semarang – Kabar duka datang dari penulis novel kenamaan Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin alias Nh Dini. Ya, novelis berusia 82 tahun itu dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas terhadap mobil yang di tumpanginya di Semarang, Selasa sore (4/12/2018).

Nh Dini sendiri sempat dibawa ke Rumah Sakit Elisabeth, Semarang sebelum dinyatakan meninggal sekitar pukul 16.00 WIB. Kabar yang beredar, kecelakaan yang menimpa Nh Dini terjadi kala mobil minibus jenis Toyota Avanza yang ditumpanginya ditabrak truk.

“Ada truk tak kuat menanjak, kemudian mundur dan menabrak kendaraan di belakangnya,” kata Humas Rumah Sakit Elisabeth, Probowatie Tjondronegoro.

Nh Dini lahir di Kota Semarang pada 29 Februari 1936. Ia merupakan novelis produktif yang telah menghasilkan puluhan novel dan beberapa judul di antaranya yang populer antara lain, “Pada Sebuah Kapal” (1972), “La Barka” (1975) atau “Namaku Hiroko” (1977), “Orang-orang Tran” (1983), “Pertemuan Dua Hati” (1986), dan Hati yang Damai (1998).

Meninggalnya Nh Dini membuat masyarakat dan beberapa kalangan yang mengenalnya kaget. Gunawan Mohammad salah satunya. Melalui akun twitter pribadinya ia menuliskan pesan selamat jalan.

“Wafat, Nh.Dini. Kabar yg saya terima karena kecelakaan mobil. Novelis kelahiran 1936 ini sastrawan terkemuka dari generasi yg muncul pertama kali di majalah Kisah. Karyanya: Pada Sebuah Kapal, Namaku Hiroko. Semoga ia beristirahat dalam damai,” tulisnya.