Sambangi Korban Gempa Lombok, Fahri Hamzah Fokus di Dua Daerah Ini

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah saat menemui korban gempa Lombok

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI bidang Kesra Fahri Hamzah menyambangi lokasi bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang terjadi pada Minggu (29/7) kemarin.

Dalam kunjungannya tersebut, Fahri akan menyampaikan amanah yang dititipkan dari para pimpinan dewan maupun anggota kepada para korban bencana.

“Saya membawa amanah dari anggota dan pimpinan DPR yg menitipkan gaji mereka untuk korban. Ketua DPR juga menitipkan sekitar 50 juta sehingga total dana yang terkumpul sebesar 100 juta rupiah,” kata Fahri Hamzah, setibanya di Bandara Internasional Lombok di Praya, Selasa (31/7) malam.

Bersama dua anggota DPR lain dari Dapil NTB dan, Fahri direncanakan akan langsung menuju ke daerah Sembalun dan Lombok Timur dua diantara daerah yang terdampak dari bencana tersebut. Lantaran, perhatian nasional dan internasional lebih ke daerah Sembalun karena menjadi pos pendakian ke Gunung Rinjani dan lokasi geopark internasional.

“Fokusnya akan ke di daerah Obel Obel, Kabupaten Lombok Timur karena daerah ini episentrum gempa dan terdampak sangat parah, namun minim penanganan,” pungkas politikus PKS itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter dengan kedalaman 24 km mengguncang pulau Lombok dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat, dan Pulau Bali, pada hari Minggu (29/7).

Pusat evakuasi terjadi di wilayah Sembalun yang merupakan salah satu pos pendakian menuju Gunung Rinjani yang sedang ramai pengunjung. Per hari Senin (30/7) terdapat 543 orang pendaki yang berhasil dievakuasi setelah sempat terjebak akibat 4 dari 5 jalur pendakian putus akibat gempa.

Selain korban jiwa 16 orang dan 300 lebih warga terluka, gempa di Lombok Timur menimbulkan kerusakan fisik parah pada ribuan bangunan rumah, gedung fasilitas publik dan perkantoran.

Pemerintah provinsi NTB menetapkan waktu tanggap darurat hingga hari Kamis (2/8) dan berbagai unsur dari kementrian terkait, lembaga sosial kebencanaan dan TNI – Polri telah tiba untuk menolong warga dan melakukan evakuasi.