Peringati Hari Pahlawan, PMII Ciputat Gelar Aksi

MONITOR Ciputat – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Jumat (10/11) Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ciputat menggelar aksi damai di halaman kampus UIN Syarif Hidyatullah Jakarta. 

Ketua Umum PMII Ciputat mengatakan Hari Pahlawan 10 November merupakan momentum bagi setiap dari kita untuk setidaknya menundukan kepala dan merenung beberapa waktu untuk mengingat jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang pada masa lampau.

&quot Entah pejuang-pejuang kemerdekaan atau siapapun yang telah rela bertumpah darah demi keutuhan dan kemakmuran bangsa. Namun renungan hanya akan menjadi renungan bila hal itu tidak diiringi dengan sikap dan gerakan," ujar pria yang biasa disapa Rowman itu kepada MONITOR, Jumat (10/11).

Rowman menambahkan, aksi unjuk rasa damai yang dilakukan PMII Ciputat bertujuan mengingatkan banyak pihak khususnya generasi muda agar memaknai hari pahlawan dalam konteks kekinian yaitu mengedepankan karya dan berpikir kritis dalam rangka mengawal kehidupan bangsa dan negara.  

"Dewasa ini pahlawan hadir dalam banyak pengertian, mereka-mereka yang rela kehilangan kenyamanannya demi memberikan kenyamanan untuk orang lain pun layak disebut sebagai pahlawan. Bagi kami, pahlawan adalah setiap mereka yang berjuang, membangun, mencipta, menggerakan dan mengorbankan segala yang baik demi terwujudnya Indonesia yang merdeka, adil, dan kokoh," tambahnya. 

Pahlawan lanjut alumni Fakultas Ushuludin UIN Jakarta itu juga adalah orang-orang yang hadir membantu setiap kesulitan rakyat saat pemerintah mungkin sedang menyibukkan diri atau pura-pura buta dan tuli atas kesengsaraan rakyatnya.

"Kami dari PMII Ciputat mengapresiasi penuh kepada setiap mereka yang bersama-sama mendedikasikan dirinya untuk Negeri ini. Setiap elemen yang berjuang dan bergerak bersama untuk kemajuan Bangsa. Petani, pedagang, guru, dokter, kaum proletar, nelayan, buruh dan seluruh pahlawan tanpa tanda jasa lainnya, terimakasih banyak atas jasa-jasa kalian membangun Negeri ini," tegasnya.