Jumat, 29 Maret, 2024

Pemprov DKI Klaim Permudah Warga Urus Izin Usaha

MONITOR, Jakarta – Upaya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta, Edy Junaedi, dalam memberikan pelayanan mengurus perizinan patut diajungi jempol. Salah satunya, terkait dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Jakarta yang ingin mengurus izin usaha seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

"Untuk tahun ini kami di DPMPTSP berani menjanjikan untuk pengurusan izin SIUP cuman 15 menit. Dan bisa ditunggu loh," ujar Edy kepada Monitor disela-sela acara  HUT ke-3 DPMPTSP DKI Jakarta di Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (12/1).

Terobosan pelayanan 15 menit untuk pengurusan SIUP ini dilakukan, setelah sebelunya DPMPTSP sukses membuat program pelayanan 3 jam untuk warga Jakarta dalam mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Komitmen kami untuk memberikan kemudahan pelayanan akan terus kami upayakan," kata Edy.

- Advertisement -

Terobosan memberikan pelayanan cepat, kata pria berkacamata ini, merupakan bagian dari program Oke Oce yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. 

"Dimana, para pelaku bisnis termasuk UMKM bakal dimudahkan mengurus izin usaha. Nanti, cukup mengunduh aplikasinya melalui smartphone, memasukkan data pemohon, dan badan usahanya, bikin surat pernyataan. Beres, gak lebih dari 30 menit paling lama," jelas Edy. 

Tak hanya itu, tambahnya, saat ini juga sedang dalam proses membentuk tim untuk program JVC for B yaitu Jakarta Virtual Consultan for business yang bakal dirilis Februari 2018 nanti. 

"Dengan terobosan ini, investor yang ingin menanamkan modalnya di Jakarta bisa berkonsultasi pada tim ini, jenis usaha apa yang cocok, pengurusan izinnya, dan lain-lainnya akan dipandu oleh mereka," jelas Edy.

Lebih jauh, Edy juga mengungkapkan pihaknya mendorong PTSP di seluruh wilayah berlomba-lomba melakukan terobosan. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat terus dapat ditingkatkan.

"Kami juga memiliki program award bagi para petugas PTSP di seluruh wilayah. Jika mereka dinilai memiliki program terobosan yang bagus, maka akan diberikan penghargaan," tandasnya. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER