Pemprov DKI Buka Pendaftaran 7.000 Relawan Asian Games

MONITOR, Jakarta – Perhelatan Asian Games 2018 akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang. Untuk Pelaksanaan Asian Games 2018 di Ibukota sendiri membutuhkan 7.000 relawan atau volunteer. Pendaftaran relawan ajang olahraga akbar tersebut telah dibuka Panita Penyelanggara Asian Games (INASGOC) untuk umum.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Ratiyono mengatakan, relawan Asian Games di Ibukota tidak terbatas untuk warga Jakarta saja. Namun juga terbuka untuk warga umum dari seluruh Indonesia.

"Di Jakarta sendiri dibutuhkan hampir 7.000 relawan. Makanya harus dari sekarang mendaftar," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (29/9).

Ia menjelaskan, proses perekrutan relawan dilakukan satu pintu melalui INASGOC. Secara keseluruhan relawan yang dibutuhkan mencapai 13 ribu orang.

"Semua warga yang memenuhi syarat bisa mendaftar untuk menjadi relawan. Salah satu syaratnya adalah menguasai bahasa asing," ucapnya.

Menurut Ratiyono, relawan yang terpilih akan menjalani seleksi, tes dan diklat. Relawan yang terpilih nantinya ditempatkan sesuai dengan kompetensi masing-masing. Khususnya dilihat dari kemampuan bahasa.

"Relawan ini diharapkan bisa memberikan akses kemudahan kepada kontingen termasuk media," tandasnya.