Pemprov DKI Bangun Trotoar Khusus Penyandang Disabilitas

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno

MONITOR, Jakarta – Menjelang perhelatan Asian Para Games, Pemprov DKI memberi perhatian lebih kepada penyadang disabilitas. Ini dibuktikan dengan dibangunnya jalur khusus bagi para penyadang disabilitas.

Di sekitar jalan Sudirman-MH Thamrin, trotoar khusus penyadang disabilitas tampak mulai dibangun. Trotoar ini nantinya akan dilengkapi dengan guiding block dan halte akan disesuaikan dengan kebutuhan kaum disabilitas.

“Jadi untuk teman-teman disabilitas, kita sampaikan pesan yang sangat jelas bahwa Pemprov ingin memberikan akses yang setara dan akses yang berkeadilan untuk disabilitas,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno di Hotel Santika Premier, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (19/7/).

Sandi, begitu panggilannya, menegaskan pembangunan sejumlah fasilitas untuk disabilitas akan terus dikebut. Ia berani memastikan proyek tersebut bakal rampung sebelum penyelenggaraan Asian Para Games pada September 2018 mendatang.

Namun sayangnya Sandi tidak bisa merinci berapa anggaran yang digunakan dalam membangun sejumlah akses jalan bagi kaum difabel tersebut.

“Yang jelas anggarannya kami siapkan. Sebab payung hukumnya ada Undang-undangnya di tahun 2016. Kalau tidak salah Undang-undang nomor 8 dimana kita harus bukan hanya meningkatkan akses terhadap fisik, secara infrastrukturnya tapi juga akses lapangan pekerjaan,” ujar Sandi.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan berkoordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distribusi Indonesia (Ardin) agar memberikan peluang usaha bagi penyandang disabilitas.