Pemprov DKI Ancam Kandangkan Bus Tak Lolos Uji Emisi

Calon Wakil Presiden 2019 Sandiaga Uno (Foto: Asep Syaefudin)

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta akan bertindak tegas terhadap kendaraan, khususnya bus yang tak lolos uji emisi. Pasal kendaraan bus yang tak lolos uji emisi ini sebagai dalang penyebab buruknya kondisi udara di Jakarta.

“Saya tugaskan Dinas Perhubungan (Dishub) kandangkan saja bus-bus yang tak lolos uji emisi,” tegas Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Senin (6/8).

Dikatakan Sandi, ancaman tersebut tak main-main sebab dia sudah buktikan, saat ini ada 12 bus, yaitu bus kopaja dan Metromini yang dikandangkan karena melanggar, tidak lolos uji emisi dan tetap membandel beroperasi

“Kita tegaskan kepada Kepala Dinas Perhubungan bahwa no tolerance. Ordernya sangat jelas dan tegas,” tandas Sandi.

Selain menidak dengan mengandangkan kendaraan yang tak lolos uji emisi, Pemprov DKI juga tengah mengawasi sejumlah pabrik dan kawasan industri yang kerap menjadi penyumbang polusi udara Jakarta.

“Tentunya pabrik-pabrik dan fasilitas industri yang menyumbang sekitar 50 persen buruknya kualitas udara akan kami tindak juga,”tegasnya.

Khusus pabrik-pabrik yang ikut menyumbang polusi, sambung orang nomor dua di Jakarta ini, pihak Pemprov DKI tengah menyiapkan langkah untuk menertibkannya.

“Kita imbau mereka untuk bekerjasama memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota,”pungkanya.

Advertisementdiskusi publik wagub dki