Pemilik Bisnis Kosmetik L’Oreal Dikabarkan Meninggal Dunia

MONITOR, Paris – Kabar duka tengah menyelimuti kerajaan bisnis L'Oreal. Konglomerat terkaya nomor 14 di dunia, Liliane Bettencourt, dikabarkan telah meninggal dunia di usia 94 tahun.

Berdasarkan keterangan anak perempuan Liliane, sang ibu meninggal pada Rabu (20/9) kemarin. "Ibu saya pergi dengan damai," ujar Francoise Bettencourt, seperti diwartakan AFP, Jumat (22/9).

Liliane yang dikenal sebagai pemilik L'Oreal merupakan pengusaha dunia yang cukup diperhitungkan. Dari catatan Forbes, Liliane memiliki jumlah kekayaan cukup besar yakni mencapai US$ 39,5 miliar atau sekitar Rp 521 triliun.

Sejak terkena gangguan mental dan penyakit alzheimer yang dideritanya sejak 2006 silam, Liliane memutuskan untuk berhenti menjalankan kerajaan bisnis kosmetiknya pada tahun 2011.

Diketahui, L'Oreal merupakan kerajaan bisnis Liliane yang diwariskan dari orangtuanya. Bisnis ini didirikan sag ayah, Eugene Schueller, di tahun 1907.

Tiga puluh tahun kemudian, wanita berzodiak libra ini mulai bekerja menjadi pegawai magang dan menjalankan bisnis secara penuh pada 1984. Kala itu, ia mulai melakukan aksi korporasi untuk memupuk perusahaan, ia mencaplok Warner Cosmetics yang saat itu dimiliki oleh Warner Communications.