Selasa, 19 Maret, 2024

Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018 Habiskan Dana Rp 685 Miliar

MONITOR, Jakarta – Opening Ceremony Asian Games yang digelar semalam berlangsung meriah dan megah. Konsep panggung yang besar dan koreografi serta musik yang apik menghipnotis para penonton.

Lantas, berapakah biaya yang dianggarkan untuk kemegahan tersebut?

Dana yang dianggarkan untuk kemegahan Opening Ceremony disebut-sebut senilai Rp 685 Miliar. Namun, ternyata dana itu sudah termasuk untuk acara penutupannya nanti.

“Awalnya kami anggarkan 52 juta dollar US. Tapi kami berhasil efisiensi hingga 47 juta dollar. Itu total biaya untuk opening dan closing,” ujar Deputi 2 Bidang Administrasi Pertandingan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Francis Wanandi, Minggu (19/8).

Francis menambahkan, sebenarnya dana yang terpakai sebesar 32 juta dollar US, namun biaya itu bertambah untuk biaya pajak.

Meskipun begitu, Francis mengatakan bahwa dana ini tergolong kecil jika dibandingkan Opening Ceremony turnamen lain.

- Advertisement -

Seperti misalnya Opening Ceremony Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia. Dana yang dikeluarkan untuk opening itu mencapai 500 juta dollar US. Sementara itu, Opening Ceremony di Olimpiade London 2012 juga menelan biaya hingga 300 juta dollar.

“Saat mengajukan ke Presiden, kami kasih perbandingannya dengan (turnamen) yang lain, dan ini termasuk yang terkecil. Jadi kita tahu kita bukan negara kaya raya, keuangan bukan persoalan yang gampang. Makanya kami efisienkan, tapi memang kerjanya harus ekstra,” kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER