Ogah Kecolongan Banjir, Anies Siagakan Pompa Mobile di Sejumlah Titik

MONITOR, Jakarta – Tak ingin wilayahnya terendam banjir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera ambil langkah cepat untuk mengantisipasi air kiriman dari Bogor.

Langkah cepat tersebut yakni dengan mengintruksikan kepada jajarannya untuk segera menyiagakan pompa-pompa air di beberapa titik DKI yang rawan banjir.

Anis menuturkan, saat ini di DKI tersedia siekitar 450 pompa air yang biasa digunakan untuk menghadang air kiriman dari kota hujan tersebut.

"Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, semua keadaan pompa memang harus siap semuanya. Bahkan per jam ini, di hilir sudah kami siapkan lebih dari 20 pompa mobile yang siap bergerak kapan saja," ungkap Anies di Balaikota DKI, Senin (5/2).

Selain itu lanjut Anies, terdapat 30 pompa mobile yang telah disiapkan di beberapa titik aliran sungai Ciliwung, seperti di Cililitan, Balai Kambang, Bukit Duri, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

“Jadi di tempat-tempat itu kita sudah menempatkan pompa mobile. Kita semua berharap bahwa hujan di Jakarta tidak terlalu deras sehingga air lebih cepat lagi bergerak ke muara. Sejauh ini seluruh aparat kita baik aparat Kelurahan, Kecamatan, kemudian dari SDA, kemudian dari Bina Marga, dari lingkungan hidup semua pada posisi siaga dan memantau perkembangan dengan sangat ketat,” pungkasnya.