Mudik Aman, 40 Kepala Terminal Diganjar Penghargaaan

Dinas perhubungan DKI Jakarta (net)

MONITOR, Jakarta – Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberi apresiasi kepada 40 Kepala Terminal yang dianggap sukses dalam mengamankan mudik lebaran. Apresiasi tersebut diberikan dengan memberikan penghargaan.

Penghargaan tertinggi diberikan kepada unit pengujian kendaraan bermotor karena telah menyiapkan ratusan bus untuk mudik lebaran.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Masdes Arouffy mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada semua petugas dari seluruh terminal yang selama ini telah bekerja dengan baik.

“Dengan tugas yang dijalankan selama ini, kita bersyukur pelaksanaan mudik tahun 2018 ini dapat berjalan dengan baik,” katanya, Minggu (1/7).

Menurutnya, dari semua penghargaan yang diberikan, pihaknya juga memberikan penghargaan terbaik bagi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB).

Pasalnya semua petugas PKB, telah menyiapkan armada bus yang harus layak untuk digunakan sebagai angkutan lebaran. “Dengan bus yang layak jalan itu pula membuat pelaksaan mudik terlaksana dengan baik tanpa adanya suatu kendala,” ujar Masdes.

Dalam pemeriksaan kendaraan itu, sambung Masdes, PKB Kedaung Angke yang paling banyak melakukan ram check kendaraan. Tercatat, sebanyak 653 kendaraan diperiksa di terminal Kalideres dan Grogol.

“Sementara PKB Pulogadung memeriksa 482 bus di terminal Kampung Rambutan,” ujarnya, saat didampingi Kepala UPT Terminal DKI, Muhammad Faisol.

Tahun depan, kata Masdes, pihaknya tengah mempersiapkan kegiatan mudik gratis untuk berpusat di terminal-terminal. Hal itu dilakukan, untuk mengembalikan fungsi terminal sebagai titik kumpul penumpang.

“Karena nantinya bus yang akan membawa mudik gratis, awalnya akan menjalani pemeriksaan kendaraan terlebih dahulu bersama pemeriksaan lainnya ke sopir hingga penumpang,” terangnya.

Bahkan Masdes menyebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan menyiapkan mudik gratis bagi warga DKI yang akan pulang kampung. Hal itu dilakukan karena melihat antusias warga yang pulang kampung dengan memanfaatkan mudik gratis.

“Berdasarkan data, tahun ini saja ada 200 ribu warga yang ikut mudik gratis, tahun depan Dinas Perhubungan juga akan menggelar hal tersebut,” pungkasnya.