Militer Rusia Klaim Berhasil Tewaskan Pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi

Monitor, Moskow – Kementerian Pertahanan Rusia melalui laman Facebooknya, pada Jumat (16/6) melaporkan bahwa pihak militernya telah menewaskan pemimpin kelompok ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

Pihak Rusia sendiri mengaku telah mengonfirmasi informasi tersebut dengan memeriksa informasi mengenai serangan udara pada 28 Mei 2017 yang dilakukan di dekat Kota Raqqa, Suriah.

"Menurut informasi yang sekarang diperiksa melalui berbagai saluran, turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah pemimpin ISIS, yaitu Abu Bakar al-Baghdadi, yang telah tewas sebagai hasil serangan udara tersebut," demikian informasi pihak Rusia itu melalui media sosial Facebook.

Serangan udara itu diluncurkan setelah pasukan Rusia di Suriah menerima informasi intelijen sangat sensitif bahwa pertemuan para pemimpin ISIS sedang direncanakan.

"Pada tanggal 28 Mei, setelah pesawat tak berawak digunakan untuk mengkonfirmasi informasi mengenai tempat dan waktu pertemuan para pemimpin ISIS, antara pukul 00:35 dan 00:45 waktu setempat, Angkatan Udara Rusia melancarkan serangan ke titik yang diperintahkan di mana para pemimpin ISIS berada," catat Kementerian Pertahanan Rusia.

Sementara itu, pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang melawan ISIS mengaku tidak dapat mengkonfirmasi laporan Rusia bahwa Baghdadi mungkin telah terbunuh.

Serangan tersebut diyakini telah membunuh beberapa pemimpin senior kelompok tersebut, serta sekitar 30 komandan lapangan dan lebih dari 300 penjaga pribadi mereka, kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia. (ANT)