Mentan Terjun ke Sungai untuk Panen Lahan di Kalimantan Selatan

MONITOR, Hulu Sungai Selatan – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengunjungi Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Rabu (15/11). Salah satu agenda disana yakni melakukan panen padi disana.

Mengejutkan, awak media dan para petani yang hadir dalam panen tersebut tak menduga Mentan tiba-tiba saja rela terjun ke areal rawa yang ditumbuhi padi siap panen. Sebelum menuju kesana, Menteri Amran juga harus menyebrangi sungai dengan ketinggian air satu meter tanpa bantuan alat.

Penen padi di lahan seluas 100 hektar itu merupakan hasil penerapan teknologi oleh Litbang Kementerian Pertanian. Hal itu diakui oleh salah satu petani Hulu Sungai Selatan, Haji Ahmad. Menurutnya kemajuan yang diperolehnya berkat kerjasama dan bimbingan dari aparat litbang pertanian.

"Kalau dulu petani dengan pola konvensional hasil yang diperoleh jauh dibawah harapan. tetapi dekarang dengan adanya teknologi hasil taniya semakin menjanjikan," katanya. Di areal rawa lebak saja para petani mampu menghasilkan padi dengan produktivitas 4 sampai 6 ton perhektar.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Amran Sulaiman menyampaikan harapannya kedepan agar petani mampu mengelola lahan 100 ribu hektar di rawa lebak tersebut. Untuk mendukung rencana tersebut Mentan memberikan bantuan berupa alat traktor toda dua dan roda empat sebanyak 14 unit dan cultivator sebanyak 2 buah. "Nanti semua (alat pertanian) bergerak secara brigade," ungkapnya.