Menhub Berencana Tinjau Kondisi Terkini Jalur Kereta yang Terendam Banjir

MONITOR, Jakarta – Banjir yang melanda jalur kereta api yang terletak di perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah menyebabkan PT KAI mengubah jalur perjalanan KA yang biasanya melalui Cirebon-Purwokerto kini melalui jalur Cirebon – Tegal.

Terkait hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan segera melakukan peninjauan ke lokasi. Hal itu guna memastikam langsung kondisi jalur tersebut, sehingga bisa menentukan langkah selanjutnya.

"Kalau memang perlu pembenahan cepat maka harus kita lakukan termasuk mengambil langkah perbaikan yang bisa saja melibatkan instansi lain seperti dengan Kementerian PUPR," kata Budi saat meninjau Program Aksi Keselamatan Perhubungan Darat Pembuatan SIM A Umum Kolektif Bersama Kementerian Perhubungan dan Polri, Minggu (25/2).

Menurutnya, peninjauan langsung kondisi terakhir jalur juga untuk memastikan faktor keselamatan penumpang keteta api yang dinilai sebagai faktor terpenting.

Seperti diketahui, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VI Yogyakarta menyatakan banjir yang terjadi di jalur selatan Jawa Tengah dan DIY akibat meluapnya Sungai Cisanggarung, Cirebon mengganggu perjalanan kereta api jurusan Solo-Jakarta.