Kamis, 28 Maret, 2024

Mengharukan, Anggota Polisi Bantu Proses Persalinan Wanita di Tol Cileunyi

MONITOR, Purwakarta – Ada pemandangan menarik pagi ini. Seorang petugas Kepolisian dari POLRES Purwakarta, Iptu Kuswari, berhasil menyelamatkan seorang ibu yang melahirkan di rest area Km 88 Ruas Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) arah Cileunyi, Senin (11/6).

Ibu yang bernama Fitri Wulandari, Warga Kab. Ciamis bersama keluarganya diketahui hendak melakukan perjalanan mudik ke Pangandaran, Jawa Barat.

Polisi dari Polres Purwakarta membantu wanita yang tengah melahirkan di Tol Cileunyi (dok: Jasa Marga)

Ketika beristirahat di rest area pada pukul 03.30 WIB, Fitri sudah melahirkan seorang bayi perempuan di sebuah mobil Kijang dengan Nopol B 1978 GM. Iptu Kuswari yang kebetulan tengah siaga di rest area Km 88 Ruas Purbaleunyi segera membantu ibu yang baru saja melahirkan tersebut.

Selain sisi operasional, Jasa Marga juga bekerjasama dengan rumah sakit di sekitar jalan tol untuk dapat melakukan pertolongan jika terjadi kondisi luar biasa. Untuk daerah Purwakarta yang bertepatan dengan lokasi rest area km 88 Jasa Marga menggandeng Rumah Sakit (RS) Bayu Asih Purwakarta.

- Advertisement -

Dengan adanya kerjasama lintas instansi tersebut, Iptu Kuswari segera membawa Fitri dan anaknya ke RS Bayu Asih Purwakarta untuk mendapatkan penanganan medis selanjutnya dan memastikan keselamatan ibu dan anak tersebut.

Petugas dari Jasa Marga juga sigap membantu pemudik yang melahirkan di jalan (dok: Jasa Marga)

AVP Corporate Communication Dwimawan Heru mengatakan, untuk menjaga dan mengawal kelancaran pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran 2018 (Idul Fitri 1439 H), seluruh petugas keamanan dikerahkan, baik dari Kepolisian ataupun petugas Jasa Marga Siaga yang dibentuk oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

“Tugas para penjaga keamanan tidak hanya bagi hal yang bersifat teknis, seperti mengurai kepadatan kendaraan atau memberikan informasi bagi pemudik, namun juga melayani pemudik yang membutuhkan pertolongan darurat,” ujar Heru.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER