Selama Ramadhan, Jakarta akan disulap seperti Arab Saudi

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno

MONITOR, Jakarta- Bulan ramadhan hanya tinggal menghitung hari, untuk menyambut bulan suci Umat Islam ini, sejumlah kegiatan sudah dipersiapkan oleh Pemprov DKI. Kegiatan itu di antaranya adalah memberikan makanan buka puasa kepada kaum dhuafa.

“Selama bulan puasa kita akan ubah Jakarta seperti Arab Saudi. Dimana budaya yang ada di Arab selama puasa akan kita adopsi untuk diterapkan di Jakarta. Memberikan makanan kepada kaum dhuafa ini merupakan bagian dari budaya Arab yang akan kami terapkan di Jakarta,” ujar Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno, Jumat (11/5).

“Pokoknya selama bulan puasa, kita mau bikin Jakarta seperti di Makkah dan Madinah, yang seperti di sana orang-orang berlomba memberikan makanan buka puasa,” tambah Sandi.

Sandi yang berlatar belakang pengusaha ini mengatakan bahwa pihaknya juga berencana menggandeng perusahaan dan keluarga dari golongan mampu untuk ikut berpartisipasi memberikan bantuan. Tujuannya, agar jumlah makanan yang diberikan kepada warga kurang mampu bisa tercukupi dan tidak ada lagi warga yang tidak bisa makan untuk sekedar berbuka puasa.

Pemberian makanan buka puasa sendiri rencananya akan dilakukan di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas).

Metode yang dilakukan saat memberikan makanan juga akan diubah yakni dengan membagikan satu persatu kepada warga yang sebelumnya telah duduk berjejer dengan rapi. Sehingga tidak ada lagi yang mengantri apalagi harus berebut.

“Jadi, jangan orang mau makan rebutan, justru mereka duduk dilayani. Nanti kita akan layani, kita cari volounternya juga di Monas. Akan ada acara besar-besaran buka puasa bersama dimana mereka tidak perlu mengantri, mereka duduk saja, makanan akan diantar. Itu cara kita memuliakan dan memanusiakan teman-teman kita,”terangnya.

Setelah diberi makanan buka puasa, masyarakat kurang mampu juga akan di ajak mengikuti serangkaian kegiatan seperti shalat maghrib berjamaah, shalawat, dzikir, shalat Isya dan shalat Tarawih berjamaah.

Namun, untuk acara buka bersama tersebut hanya akan dilakukan beberapa kali selama bulan Ramadhan. Sedangkan untuk memberikan santapan buka puasa setiap harinya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meminta Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) untuk memberikan bantuan makanan buka puasa disetiap Masjid di Jakarta.