Pastikan Pasokan Cabai ke DKI Selama Ramadhan Aman, Sandi Blusukan Hingga Magelang

MONITOR, Magelang – Wakil Gubenur DKI, Sandiaga Uno mengecek langsung pertanaman aneka cabai di Kecamatan Secang, Magelang, Minggu (29/4/2018). Kunjungan ini untuk memastikan pasokan ke DKI aman menjelang puasa dan lebaran.

Sandiaga Uno mengatakan kebutuhan aneka cabai untuk wilayah DKI sekitar 120 ton per harinya. Salah satunya dipasok dari Magelang.

“Kita harus jaga stabilisasi harga dan pasokan Jakarta,” demikian ujar Sandiaga.

Sandiaga menegaskan Pemerintah Provinsi DKI pro petani daerah yakni melalui penataan rantai pasok yang sederhana, terbuka dan berkeadilan. Petani untung, pedagang happy, harga di konsumen terjangkau.

“Saya juga bawa teman2 pedagang dari PD Pasar Jaya, supaya bisa langsung bermitra dengan petani lokal terangnya. Magelang bagus pertanaman cabainya puji Sandiaga. Insya Allah aman,” tegasnya.

Kepala Bidang Hortikultura Kabupaten Magelang, Eko Hermanto menjelaskan potensi cabai rawit merah mencapai 2.000 ha dan cabai merah 4.000 ha. Setiap bulan ada 300-500 hektar yang panen.

“Kami sudah mengatur pola tanamnya sesuai arahan pemerintah pusat. Petani terus kami bina supaya meningkat produktivitas cabainya,” katanya.

“Magelang siap memasok cabai pada bulan Mei hingga Juni 2018 sebesar 20 ton per hari,” pintanya.

Petani champion aneka cabai dari Magelang, Tunov Mondroatmodjo menuturkan pihaknya siap bekerjasama dengan PD Pasar Jaya untuk mengamankan DKI. Hal seperti ini sudah dilakukan dengan Kementerian Pertanian sejak 2016 untuk stabilisasi pasokan dan harga. Untuk puasa dan lebaran ada sekitar 100 ha rawit merah dan 400 ha cabe keriting imbuhnya.

“Mudah2an kemitraan dengan PD Pasar Jaya lebih optimal dan saling menguntungkan,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, produksi cabai rawit di Jawa Tengah bulan Mei 2018 diperkirakan sebesar 15.073 ton dan Juni 29.000 ton. Untuk cabai besar Mei 2018 sebesar 17.392 ton dan Juni 20.173 ton.