Saefullah Dijagokan Pimpin Bamus Betawi

Sekretaris daerah DKI Saefullah (dok: Tribunnews)

MONITOR, Jakarta – Sekertaris Daerah (sekda) Saefullah belakangan ini digadang-gadang bakal menjadi calon kuat Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Munculnya nama Saefullah dalam bursa calon Ketua Bamus Betawi, karena sosok Saefullah dianggap punya integritas dan komitmen yang tinggi untuk membawa Bamus Betawi menjadi organisasi yang lebih besar di tanahnya senidiri.

“Yang terpenting Ketua Bamus Betawi harus orang Betawi Asli, Nah Pak Sekda atau Pak Saefullah adalah sosok Betawi tulen,” ujar Ketua Bamus Betawi Zaenuddin kepada MONITOR.

Oding panggilan Zainuddin tak menampik kalau sosok Saefullah memang sedang dielu-elukan atau digadang-gadang oleh ormas pendukung Bamus Betawi untuk duduk sebagai ketua Bamus Betawi menggantikan dirinya.

“Saya kira siapapun bisa duduk sebagai Ketua Bamus, selama orang itu paham serta mau mengembangkan dan melestarikan Budaya Betawi. Nah, untuk Pak Saefullah karena dia putra asli daerah alias betawi tulen, saya kira masuk dalam kategori sosok yang memenuhi syarat memimpin Bamus,” terangnya.

Namun demikian, kata Oding, kewenangan untuk menentukan siapa sosok yang tepat memimpin Bamus Betawi kedepan, itu ada ditangan Majelis Tinggi.

“Jadi aturannya sekarang yang menentukan posisi Ketua Bamus bukan lagi ormas pendukung, tapi ada ditangan majelis tinggi,” pungkas Oding.