Sebelum Musim Hujan, Anies Diminta Serius Urus Sungai

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengingatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, agar segera melakukan normalisasi kali di Jakarta sebelum musim penghujan datang.

Pras, panggilan akrabnya, mengatakan normalisasi kali kerap dilakukan pemerintahan sebelumnya.

“Meskipun belum sempurna, namun normalisasi kali sudah terlihat sebelum Anies duduk sebagai Gubernur Jakarta. Nah ini kan tinggal dilanjutkan saja,” ungkap Pras di Gedung DPRD Jakarta, di Bilangan Kebon Sirih Jakarta Pusat.

“Kalau dibilang belum sempurna ya mungkin ada yang kurang tapi kan kalau kebijakan yang baik diteruskan akhirnya jalan kan lebih baik ketimbang tak dijalankan,” sambungnya.

Pras pun mencontohkan keberadaan Kali Item yang menimbulkan bau tak sedap, namun bisa disulap sedemikian rupa hingga baunya tak tercium saat perhelatan Asian Games berlangsung.

“Nah, untuk Kali Item kan penanganannya instan karena menghadapi Asian Games. Saya berharap setelah perhelatan Asian Games Kali Item diberlakukan tidak lagi instan. Mungkin bisa dikeruk atau cara lainnya. Begitu pun untuk sungai-sungai lainya? Sebaiknya dikeruk karena alat dan orang-orangnya sudah ada tinggal digerakkan saja,” pungkasnya.